Breadcrumb

Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Industri Pabrik Palm Oil Mill (POME) - Sawit

Perencanaan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Industri Pabrik Palm Oil Mill (POME) - Sawit

Pome adalah limbah cair keluaran dari pabrik / industri kelapa sawit yang kaya akan kandungan organik dan mineral yang berasal dari sisa – sisa proses produksi minyak sawit. Kadar organik sangat tinggi menjadikan limbah sawit rentan terhadap pencemaran lingkungan. Kadar organik yang tinggi menyebabkan oksigen dalam badan sungai dan laut jadi sangat rendah sehingga mematikan biota sungai dan laut

Limbah sawit Mengandung organic sangat tinggi. Selain itu juga mengandung banyak oil & grease yang tinggi sehingga kadang tidak menghasilkan baku mutu buangan yang sesuai. Limbah sawit juga cenderung menimbulkan bau busuk jika tidak terolah dengan baik.

Apa Solusi Limbah POME (Palm Oil Mill) / Limbah Sawit ?

Pengolahan limbah industri/pabrik Sawit dapat dilakukan dengan cara system biologis, tentunya terpadu dengan teknologi termodern dan terkini yang menjamin pengolahan yang efektif dengan kualitas air buangan yang sangat jernih dan bersih sesuai standar baku mutu

Persyaratan Baku Mutu POME :

  • COD < 150 mg/liter (ppm)
  • BOD < 75 mg/liter (ppm)
  • TSS < 50 mg/liter (ppm)
  • Oil & Grease < 5 mg/liter (ppm)
  • Nitrogen < 50 mg/liter (ppm)
  • pH : 6 – 9

pengolahan system biologi merupakan system pengolahan dengan cara menguraikan kandungan organik dalam air limbah dengan menggunakan bantuan mikrobio. Kandungan organic dipisahkan dalam air limbah menjadi suatu bentuk senyawa yang stabil dan tidak mencemari lingkungan dengan menggunakan proses metabolisme bakteri.

Tahapan pengolahan limbah industri/pabrik sawit :

grinviro


Dalam proses tersebut, proses anaerobic merupakan proses inti dalam pengolahan limbah cair pabrik / industri kelapa sawit. Pada tahapan anaerobic, terjadi proses konversi COD dan BOD limbah cair menjadi gas METHANE dan Carbon Dioksida atau yang disebut BIOGAS.

Proses Anaerobic Dapat menurunkan COD dan BOD dari level yang sangat tinggi menjadi cukup rendah untuk diproses selanjutnya oleh sistem Aerobic. Pada umumnya pada pengolahan limbah cair pabrik atau industri POME  menggunakan sistem “pond” atau kolam galian sebagai reaktor anaerobic.

Dalam pengolahan limbah POME / Sawit juga Membutuhkan kehadiran oksigen terlarut dalam air limbah untuk pertumbuhan dan proses oksidasi bakteri. Proses Aerobic Hanya dapat menguraikan tingkat COD pada range yang lebih rendah.