Breadcrumb

Air Minum Memenuhi Syarat Komsumsi Dihasilkan dari Teknologi Reverse Osmosis (Ro)  Sistem Desalinasi Air

Air Minum Memenuhi Syarat Komsumsi Dihasilkan dari Teknologi Reverse Osmosis (Ro) Sistem Desalinasi Air

Air minum merupakan kebutuhan dasar yang paling krusial bagi kelangsungan hidup dan kualitas hidup manusia. Peningkatan jumlah penduduk dari waktu ke waktu menjadi pemicu terjadinya peningkatan jumlah kebutuhan dasar manusia, khususnya air minum. Namun, tidak semua daerah memiliki sumber daya air yang baik terutama wilayah pesisir pantai dan pulau-pulau kecil di tengah lautan lepas. Daerah ini termasuk daerah yang sangat miskin akan sumber air bersih, sehingga timbul masalah permasalah pemenuhan kebutuhan air minum selalu terjadi. Sumberdaya air yang terdapat di daerah tersebut umumnya berkualitas buruk, misalnya air tanahnya yang payau atau asin meskipun jika dilihat dari sisi kuantitas air laut merupakan sumber air yang tidak terbatas.

Menurut PERMENKES No. 492 Tahun 2010 tentang persyaratan kualitas air minum dijelaskan bahwa air minum adalah air yang melalui proses atau tanpa proses pengolahan yang memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum. Beberapa hal yang dipersyaratkan tersebut seperti air yang tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna, tidak keruh atau jernih sehingga menimbulkan rasa nyaman, dan jumlah zat padat terlarut (TDS) yang rendah. Dalam kondisi semacam ini sangat diperlukan instalasi pengolahan air yang mampu mengolah air asin menjadi air tawar dan siap minum.

Teknologi paling modern dan unggul yang telah banyak digunakan untuk proses desalinasi air yaitu sistem Reverse Osmosis (RO) yang mulai diperkenalkan di awal tahun 1960an.  RO merupakan teknologi penjernihan air berbasis membrane yang mampu menyaring kandungan mineral-mineral terlarut dalam air. Membrane RO mampu menurunkan kandungan Total Dissolved Solid (TDS) dengan range konsentrasi sekitar 50 – 50.000 ppm seperti terlihat pada gambar di samping. Teknologi RO temasuk salah satu teknologi filtrasi terbaik yang pernah ada. Membrane RO bertindak sebagai penghalang bagi semua garam terlarut dan molekul anorganik, serta molekul organik. Molekul air yang telah melawati membran akan menjadi produk murni dengan kandungan mineral yang sangat rendah. Membrane RO memiliki pori – pori yang sangat kecil -> mencapai 0,0001 mikron atau sekitar 1/sejuta bagian rambut manusia. Tingkat penolakan terhadap garam terlarut biasanya 95% hingga lebih dari 99%, tergantung pada faktor-faktor seperti jenis membran, kualitas air umpan, suhu, dan desain sistem. Teknologi RO ini diaplikasikan untuk desalinasi air laut atau air payau yang dapat diterapkan pada berbagai skala penggunaan yang dibutuhkan seperti untuk skala perkotaan, industri, maupun rumah tangga. 

Prinsip kerja dari sistem RO Prinsip kerja dari sistem RO berdasarkan pada tekanan osmosis yaitu air mengalir dari larutan yang kurang pekat (mineral rendah) ke larutan yang pekat. Dengan memberikan tekanan balik atau disebut Reverse Osmotic Pressure maka air dapat mengalir dari larutan pekat ke larutan yang kurang pekat. Menggunakan sistem Cross Flow Filtration dimana partikel yang akan difilter dapat dikeluarkan secara kontinu melalui saluran Reject (concentrate).

Dengan pompa bertekanan tinggi, air umpan dipompa masuk ke sistem membran. Dalamsistem membran, air umpan akan dipecah menjadi produk rendah garam dan / atau dimurnikan, yang disebut Permeate, dan tinggi saline atau air garam pekat, disebut Concentrate atau Reject. Katup pengatur aliran, yang disebut katup Concentrate, mengontrol persentase air umpan yang mengalir ke aliran Concentrate dan Permeate  yang akan diperoleh dari air umpan atau Feed.


Teknologi RO hampir memiliki semua keunggulan yang dimiliki oleh teknologi filter air yang lain yang mana mampu menghasilkan air dengan tingkat kemurnian yang tinggi antara 96-98%. Air produk dari RO dipastikan sangat aman untuk dikonsumsi dikarenakan mampu menghilangkan kontaminan seperti logam berat sehingga aman bagi kesehatan.

PT. Grinviro Biotekno menyediakan System Desalination Air yang mampu memberikan solusi terhadap masalah penyediaan air bersih hingga air minum anda :
FLOWREX SWRO
FLOWREX BWRO

Untuk menggunakan jasa kami pada produk tersebut silahakan hub. kami melalui email atau whatsapp ke 08234 811 4479 (Fast Respon)