Breadcrumb

Filter Press Sebagai Solusi Pengeringan Lumpur Limbah Dengan Tingkat Kekeringan Tinggi

Filter Press Sebagai Solusi Pengeringan Lumpur Limbah Dengan Tingkat Kekeringan Tinggi

Teknologi Filter Press dapat digunakan untuk mengeringkan lumpur limbah industri maupun limbah domestik hingga didapatkan Moisture Content (MC) atau kelembaban sebesar 70%. Nilai ini lebih tinggi dari teknologi pengeringan lumpur lain seperti belt press ataupun screw press yang hanya berkisar 75%-85% MC. Hanya saja, teknologi Filter Press ini bekerja dalam sistem batch sehingga membutuhkan range waktu tertentu untuk mengolah sejumlah lumpur (sistem tidak bisa kontinu).
Filter press ini secara umum terdiri dari plat plat yang disusun secara seri. Diantara plat-plat ini terdapat ruang yang kemudian kita sebut dengan chamber. Plat itu sendiri tersusun dari besi/baja sebagai rangkanya, dan cloth/kain pada sisinya. Cloth inilah yang kemudian berfungsi untuk memisahkan lumpur dan air dengan adanya bantuan tekanan.

Prinsip Kerja Filter Press

Secara lebih mendetail, prinsip kerja dari Filter Press adalah sebagai berikut:

  1. Lumpur dipompakan masuk ke dalam setiap chamber filter. Jumlah chamber disesuaikan dengan jumlah debit lumpur yang hendak diolah.
  2. Mesin akan memberikan tekanan pada setiap chamber-chamber ini sehingga air yang terkandung pada lumpur akan keluar dari pori-pori pada cloth.
  3. Setelah diberi cukup tekanan, chamber dibuka, dan didapatkan sludge cake solid dengan kandungan air yang sudah jauh berkurang.
  4. Untuk meminimalisasi adanya lumpur yang menempel pada cloth, dapat disemprotkan air dengan tekanan cukup dari sisi luar chamber.

Jenis Filter Press

Secara umum terdapat 2 jenis alat Filter Press, Filter Press Manual dan Filter Press Otomatis. Filter Press manual membutuhkan tenaga operasional yang cukup tinggi, mulai dari mengatur masuknya lumpur dalam chamber dan mengeluarkan sludge cake dari masing-masing chamber. Jika menggunakan sistem otomatis, tentunya seluruh proses ini dapat berjalan dengan sendirinya, dengan menambahkan instrumen-instrumen tertentu.

Filter Press ini secara luas digunakan pada industri pertambangan mineral, dengan cirikhas lumpur inorganik dengan range pH yang luas (dapat bersifat sangat asam atau sangat basa). Industri lain yang dapat mengaplikasikan teknologi ini untuk mengolah lumpurnya adalah industri pengolahan gula, coklat hingga industri makanan dan minuman. Lumpur limbah domestik juga dapat diolah menggunakan teknologi ini.

PT. Grinviro Biotekno menyediakan Filter Press yang mampu memberikan solusi terhadap masalah limbah anda :

Untuk menggunakan jasa kami pada produk tersebut silahakan hub. kami melalui email atau whatsapp ke 08234 811 4479 (Fast Respon)