Cara Mengolah Lumpur Aktif (Activated Sludge)

Cara Mengolah Lumpur Aktif (Activated Sludge)

Lumpur aktif (activated sludge) merupakan campuran cair atau semicair dan partikel endapan lumpur dan tanah liat salah satu proses pengolahan air limbah secara biologi, proses pertumbuhan organisme yang berukuran sangat kecil yang biasa disebut mikroba tersuspensi dimana proses tersebut pada dasarnya merupakan pengolahan aerobik yang mengoksidasi material organik menjadi CO2 dan H2O, NH4. dan sel biomassa baru. Proses ini menggunakan udara yang disalurkan melalui pompa blower (diffused) atau melalui aerasi mekanik. Sel mikroba membentuk flok yang akan mengendap di tangki penjernihan. Kemampuan bakteri dalam membentuk flok menentukan keberhasilan pengolahan limbah secara biologi, karena akan memudahkan pemisahan partikel dan air limbah. Lumpur aktif dicirikan oleh beberapa parameter, antara lain, Indeks Volume Lumpur (Sludge Volume Index = SVI) dan Stirred Sludge Volume Index (SSVI).

Lumpur aktif (activated sludge) bertujuan untuk menghilangkan limbah organik sederhana dan mudah urai, organik kompleks seperti warna, bau. Proses ini juga mengilangkan logam berat. Sasaran dari penerapan teknologi ini adalah air hasil pengolahan limbah tekstil tidak mencemari lingkungan. Teknologi  Lumpur aktif (activated sludge) dapat menurunkan total padatan tersuspensi (TSS) hingga mencapai 91%, COD 62%, Fe 96% dan BOD5 97%. Proses ini juga menghilangkan warna dan bau dari limbah tersebut.

 

Kami melayani beberapa kebutuhan terkait Waste & Water Treatment Plant untuk seluruh wilayah indonesia : BANDA ACEH MEDAN PADANG PEKANBARU TANJUNG PINANG JAMBI PALEMBANG BENGKULU BANDAR LAMPUNG PANGKAL PINANG JAKARTA BANDUNG SEMARANG YOGYAKARTA SURABAYA SERANG DENPASAR MATARAM KUPANG PONTIANAK PALANGKARAYA SAMARINDA BANJARMASIN MANADO GORONTALO PALU MAJENE MAKASSAR KENDARI AMBON TERNATE MANOKWARI JAYAPURA